Rabu, 09 Oktober 2013

Informasi Upgrade Memory ASUS X401U

Bagi yang ingin membeli atau sudah memiliki ASUS X401U, baik versi yang lama menggunakan processor C-60 maupun processor E2-1800. Sangat disayangkan bahwa notebook jenis SlimBook ini tidak dapat di upgrade memory nya, karena saya sendiri sudah membongkar ASUS X401U-WX107D (black) ini.

Setelah saya bongkar ada chip DDR3 yang biasa diletakkan pada SODIMM DDR3 tersolder dengan motherboard. Sehingga tidak ada slot memory tambahan untuk DDR3. Memory DDR3 On Board yang terintegrasi ini hanya 2GB dan tidak dapat di upgrade lagi kecuali mencopot IC atau Chip nya dengan blower (solder uap, bukan solder konvensional). Itupun jika Chip DDR3 nya compatible atau support.



Sangat tidak disarankan untuk membeli notebook ini jika anda sendiri khawatir terhadap RAM yang dimilikinya akan terjadi kerusakan. Untuk alternatif notebook yang sejenis dapat menggunakan ASUS X401A, karena meski sama-sama SlimBook notebook ini terdapat slot memory tambahan untuk SODIMM DDR3. Ingat, ASUS X401A menggunakan processor Intel (Pentium, Celeron atau i3). Dan berat perbandingan antara X401U dengan X401A adalah 1.7Kg/1.8Kg.



Dan harga yang ditawarkan X401A lebih mahal ketimbang harga X401U yang lebih murah. Ini dikarenakan processor yang digunakan X401U adalah APU E2-1800 Vision Dual Core milik AMD, sedangkan X401A menggunakan processor Pentium, Celeron atau i3 milik Intel (processor yang digunakan sesuai dengan tipe yang diterapkan).

Jadi tentukanlah pilihanmu sebelum menyesal dikemudian hari.

Note: Gambar di atas merupakan hak cipta dari seorang kaskuser dengan username banyakteman.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar