Sabtu, 06 September 2014

Membuat Password Rumit dengan Mudah

Bayangkan jika seseorang mengingat banyak password yang berbeda untuk setiap akunnya, pasti otak orang tersebut benar-benar jenius.

Tapi tidak kecil kemungkinan bisa terjadi kepada orang-orang biasa seperti kita.

Untuk itu kami di sini membahas bagaimana mencegah pembajakan akun internet dengan membuat password yang rumit dan mengamankannya tetapi mudah untuk diingat dan diubah jika suatu saat diperlukan.

Yang perlu anda ingat adalah kata Pattern, atau Pola. Dari sini perlu diingat, bahwa password yang akan dibuat memiliki pattern/pola yang mudah untuk diingat.

Pernahkah anda membuat password seperti ini, mf@Jktw/Wife, yang artinya Muhammad Fachron di Jakarta dengan istri. Hal ini membuat kita mudah untuk mengingatnya. Karena pattern yang digunakan adalah [Nama sendiri] + [@ (at/di)] + [Kota] + [/w (dengan)] + [Wife (istri)]. Atau MC@fb=08, yang artinya Muka Cebok di facebook sama dengan jumlah huruf facebook yaitu delapan. Password ini jumlahnya 8 karakter, di mana cukup pendek dan sangat rumit, tetapi mudah untuk diingat.

Pattern itu sangat penting untuk membuat suatu password yang singkat, rumit, tetapi mudah untuk diingat. Setiap pattern password yang dibuat orang itu pasti berbeda. Pattern password bisa dibuat dari nama orang, sahabat, tanggal lahir, tahun lahir, nama binatang peliharaan, judul buku, makanan, dan sebagainya.

Anda juga bisa membuat password seperti ini, is3M1nt4LG, untuk password seperti ini bagi saya artinya tidak asing lagi bagi anda semua :D, yaitu Istri minta lagi, hehehe.

Sekarang terserah anda mau pattern seperti apa, ini hanya membantu anda untuk membuat password rumit, singkat dan mudah diingat.

Dan untuk mengamankan akun anda dari pembajakan (baca: hacked). Maka anda perlu melakukan beberapa tips-tips berikut:
  • Jangan pernah menuliskan username dan password di buku tulis atau di file Word/text.
  • Selalu logout akun anda setelah login di komputer atau device yang berbeda.
  • Selalu mengganti password setelah anda login di komputer atau device yang berbeda, contoh: warnet.
  • Jangan meng-install program sembarangan, bisa jadi program yang anda dapatkan telah disisipi oleh keylogger untuk mencuri data anda.
  • Selalu mengaktifkan Firewall dan Anti-Malware anda, sekaligus melakukan update yang terbaru.
  • Selalu cek whitelist (exception) dan blacklist program Firewall anda. Jika ada program yang tidak dikenal masuk di whitelist (exception) anda, ini perlu dipertanyakan.
  • Gunakan koneksi internet secukupnya atau sesuai kebutuhan, jangan biarkan koneksi internet terus online saat anda tertidur semalaman, hal ini bisa mengakibatkan program asing untuk men-download dan meng-install malware di komputer atau device anda.
  • Tidak menjadikan password anda menjadi bagian dari perkataan yang sering anda ucapkan, misalnya j4ndA, j413L4y, 4Lay, dsb.
  • Jangan pernah membuka akun kritis seperti email Google dan Yahoo di komputer publik (baca: warnet), karena ada beberapa tukang warnet tidak jujur dengan meng-install-kan keylogger di komputernya. Ataupun jika ingin sekadar membuka, jangan lupa untuk mengganti passwordnya di komputer atau device yang aman.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk keamanan dan kenyamanan anda dalam membuat password yang rumit.

Alhamdulillah. Semoga bermanfaat! :)

/* EOF */

Tidak ada komentar :

Posting Komentar