Senin, 14 Maret 2016

Iklan Intrusive XL Meresahkan

Sebagai pelanggan operator XL, jujur saya sangat kecewa dengan adanya iklan yang selalu muncul ketika browsing secara mobile, baik dengan Android, iPhone maupun Windows Phone. Iklan ini disebut juga Interestitial Ads dan juga Deck-off Ads.



Saya ini BAYAR untuk mendapatkan akses internet, BUKAN GRATIS. Jika anda merasakan hal yang sama seperti saya, ini hanya terjadi saat mobile browsing, ya mobile browsing. Jadi Interestitial Ads ini TIDAK AKTIF jika anda menggunakan browser desktop atau user agent desktop browser.

Saya bereksperimen dengan User-Agent Switcher yang ada di browser desktop saya. Ternyata Ads ini aktif saat menggunakan browser yang memiliki User-Agent mobile device. Buktinya iklan ini muncul di browser desktop saya (User-Agent desktop diubah menjadi mobile Android device dengan tambahan extension "User Agent Switcher").

Untuk menghilangkan iklan ini, saya temukan solusinya untuk sementara ini, yaitu dengan mengubah User-Agent browser mobile device dengan User-Agent desktop browser, bisa diubah dengan memilih opsi "Request Desktop Site" pada browser Android, iPhone maupun Windows Phone. Biasanya hampir semua jenis browser mendukung opsi ini (Chrome, Firefox, Dolphin, dsb).

Menghilangkan iklan ini dengan Adblock Plus maupun aplikasi Adblock yang lainnya tetap tidak bisa, karena sudah saya coba. Pengguna proxy pun juga tidak bisa memblokir Interestitial Ads dari XL ini.

Saya pun sudah coba mengontak customerservice@xl.co.id, meski ditanggap, tapi mereka malah minta informasi mengenai jenis smartphone dan tipenya, website yang dibuka, kapan hal ini terjadi, dsb. Hal ini tidak masuk akal, karena seharusnya dari sanalah iklan itu di nonaktifkan. Tidak berkaitan dengan smartphone yang sedang kita gunakan.

Untuk itu saya menyarankan anda untuk mengirim email mengenai keluhan anda tentang iklan intrusive ini dengan mencantumkan nomor handphone anda ke email customerservice@xl.co.id. Kirim email anonymous saja jika anda khawatir email anda disalahgunakan.

Silakan kirim pesan keluhan anda via anonymous email di AnonymousEmail.



UPDATE 2016-03-15

Saya dapat sms pemberitahuan tentang berhasil melakukan penonaktifan iklan di nomor XL saya, hasilnya belum tahu, akan saya review 1 minggu ke depan dalam pemakaian internet.

UPDATE 2016-04-08

Saya merasakan perubahan dari kebiasaan browsing dengan operator XL, kini dia tidak muncul lagi. Syaratnya agar iklan ini tidak muncul adalah mengirimkan email ke customerservice@xl.co.id dengan mencantumkan nomor handphone dan screenshot tampilan iklan yang mengganggu. Biasanya beberapa hari kemudian pihak customer service XL akan menelepon ke nomor handphone anda untuk melakukan survey. [Case Closed]

/* EOF */

Tidak ada komentar:

Posting Komentar